Jumat, 11 November 2016

Cara Belajar Efektif

privat-guru-kerumah
Setiap kita adalah pembelajar. Ya belajar harusnya menjadi ruh dalam setiap aktifitas. Dengan belajar maka akan terasah kepekaan dalam bertindak dan mejalani hidup. Jikalau saat ini kita hanya beranggap bahwa belajar hanya saat kita duduk di bangku sekolah saja, maka ini adalah cara pandang yang keliru terhadap proses belajar. Ya, belajar hendaklah ada dan merupakan aktifitas setiap kita yang ingin menjadi baik. Hari demi hari yang terlewati menjadi menyenangkan walau banyak tantangan.

Sobat TCC, setiap kita ingin sukses bukan? Nah ternyata salah satu jalan sukses adalah belajar. Maka sudah seharusnya kita menjadikan proses belajar adalah proses yang menyenangkan, merupakan kebutuhan terarah, terprogram dan menyenangkan.

1. Terarah. Ya, belajar harus terarah. Materi apa yang harus kita pelajari. apa target dan tujua yang hendak dicapai dalam belajar haruis jelas tergambar. Belajar dikatakan tak punya tujuan jika belajar hanya asal baca, belajar hanya asal mengerjakan tugas, tanpa target dan tujuan yang hendk dicapai dalam proses pembelajaran. Maka yuk tancapkan target yang harus kita lakukan dalam belajar. Target besar yang ingin kita capai sering dikatakan visi. Maka dalam belajarpun harus ada hubungan dengan visi dan mimpi besar kita. Denga tahu visi, misi dan target yang hendak dicapai maka belajar akan terarah dan fokus.
2. Terprogram. Ya belajar aktivitas sadar bukan asal aktivitas yang asal-asalan. Maka program belajar menjadi penting. Program ini bukan hanya menyangkut materi namun juga waktu pelaksaaan belajar kita. Materi mana yang harus di dahulukan, materi mana yang harus diakhirkan, Apa urgensitas dari setiap materi dan seterusnya. Sehingga sinkron antara waktu belajar dan materi yang dipelajari. Program belajar jelas.
3. Menyenangkan. Ya, belajar harus menyenangkan. Belajar jika dalam tekanan akan sangat tidak menyenangkan. Materi serasa sangat berat dan susah masuk. Pernah mendengar SKS kan...ya sistem kebut semalam...ini tentu sangat tidak menyenangkan. Bagimana menyenagngkan, jika harus menguasai berbagai konsep ujian dalam waktu semalam sekaligus. Tentu ini sangat tidak menyenangkan. Maka usaha yang dilakukan adalah dengan melakukan setting tempat, waktu dan suasana belajar yang menyenangkan. Suasa belajar yuang menyenangkan menjadi faktor penting dalam kesuksesan belajar,

Ok, semoga dengan belajar yang dengan terarah, terprogram dan menyenangkan menjadilkan kita mudah dalam menguasai materi  belajar apapun. sehinggai dengan ini belajar kita menjadi efektif, dan hasilnya tentu dapat kita rasakan. Selamat Belajar ya...

Salam Sukses Mulia,

TCC Guru Ke Rumah 
www.talentacerdas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About